05 Agustus 2009

Masalah1...

Masalah...
Oleh : Andrie K Wardana

Masalah atau problematika adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan, seperti saat ini istriku sakit katanya masuk angin jadi badan pegal-pegal dan agak flu. Harapan dan keinginan yang muncul adalah untuk segera balik kanan dan pulang karena kebetulan sekarang sedang berada di luar kota, kenyataannya ternyata kegiatan yang diikuti sudah fix acaranya karena sudah ada pemadatan sehingga dapat diselesaikan dengan cepat sementara jikalau ijin pulang mendahului maka kegiatan mungkin terganggu karena menjadi bagian dari dinamisator kelas sementara personil panitia memang terbatas secara kapasitas..... ini masalah.

bicara tentang masalah ternyata berdasarkan referensi orang bijak dan pengalaman pribadi maka tedapat 3 pilihan manakala menghadapi masalah yaitu :

1. Hadapi dan masalah tersebut selesai,
2. Hadapi dan masalah akan berkurang meskipun belum selesai
3. Hadapi meskipun agak gagal, tetapi kita sudah punya pengalaman untuk berusaha dan tinggal memperbaikinya.

jadi pilihannya hanya HADAPI, karena jika kita mencoba menghndari, yang terjadi adalah akan munculnya masalah dan beranak pinak menjadi masalah lain yang lebih besar dan lebih banyak.

kembali ke masalahku saat ini maka langkah pertama berdo'a kepada Allah Azza Wazala semoga istriku dilindungi dan segera sembuh dari sakitnya, langkah kedua adalah berusaha berkomunikasi dengan istriku meskipun harus pintar2 mengatur di sela-sela kegiatan yang sedang berlangsung, langkah ketiga berusaha menyelesaikan kgiatan segera mungkin dan segera mungkin pulang untuk menemani istriku.

satu hal yang diyakini bahwa kita masih menghadapi masalah berarti masih diberi kesempatan hidup menjalani untaian perjalanan yang kita tidak tahu seperti apa ke depannya, tetapi minimal kita berusaha untuk menyongsongnya dengan segala persiapan yang dapat dilakukan.. semoga cepat sembuh istriku.

1 komentar:

  1. Tips dari Saya, kita harus melihat Masalah sebagai Tantangan bukan rintangan, artinya Tantangan adalah sesuatu yang menuntut kemampuan kita untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut.
    Kedua, jika masalah tersebut satu tingkat, kita harus memiliki kemampuan dua tingkat diatasnya, sehingga cara pandang kita terhadap masalah menjadi ringan.

    BalasHapus